Halaman

Keuntungan tabungan deposito bank muamalat

Keuntungan menabung deposito di bank muamalat secara pasti adalah bahwa anda telah membantu kemajuan perekonomian umat muslim di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bank muamalat merupakan bank murni syariah dan menjadi pionir di Indonesia.

Bahkan langkah bank muamalat yang menerapkan sistem syariah juga diikuti oleh bank bank konvensional, mereka hadir dengan menyajikan produk baru dengan nama syariah. Bedanya adalah bahwa pada bank konvensional pola pengelolaan tetap tidak murni syariah, karena masih terpusat pada bank induknya. 

Lalu mengapa bank muamalat bisa menguntungkan umat islam? Secara tidak langsung bank muamalat punya ikatan yang kuat dengan prinsip prinsip bisnis islami, dimana pola syariah dimasa lalu sudah sukses diterapkan para sahabat dalam membangun ekonomi yang kuat. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengapa islam sangat tangguh dimasa lalu maka bisa kembali menengok sejarah kejayaan saat islam memimpin dunia ini.

Dengan dasar kaitan sejarah yang kaut dan tantangan besar yang dihadapi oleh umat islam saat ini maka kalau anda adalah seorang muslim dengan jumlah modal yang cukup, tak ada salahnya untuk menabungkan sebagian uang di bank muamalat. Sebab tanpa dukungan umat islam, bank muamalat tak akan mengalami pertumbuhan atau kalah bersaing dengan bank bank non syariah.

Tapi katanya bank muamalat tak jauh beda dengan bank bank pada umumnya? Letak perbedaannya tentu saja sangat banyak, cuma yang kadang jadi persoalan adalah ada tidaknya bunga. Padahal urusan bank ataupun tabungan deposito bukan sekedar masalah bunga,namun manfaat nyata yang jauh lebih menguntungkan bagi kebaikan nasabah. 

Berdasarkan ketentuan yang ada pada bank bank syariah, maka aliran modal yang mereka miliki selalu digunakan untuk pembiayaan usaha usaha yang sudah jelas, halal dan harus tunduk pada hukum hukum syariah. Sementara modal yang terhimpun di bank bank non syariah tidak memberlakukan hal ini. Bisa saja dana yang ada dipakai untuk membangun diskotik, tempat hiburan yang berbau mesum dan lain sebagainya. 

Meskipun demikian bukan berarti bank muamalat atau layanan deposito yang ada di bank syariah ini hanya diperuntukkan bagi umat muslim. Ini sama sekali tidak benar, sebab layanan bank muamalat adalah bentuk bisnis perbankan sebagaimana bisnis pada umumnya yang tidak memandang urusan agama atau golongan. Bank muamalat didirikan untuk melayani semua orang sebagaimana bank bank non syariah, mereka juga rata rata dimiliki oleh non muslim, tetapi nasabahnya bisa dipastikan sebagian besar umat islam di Indonesia. Terima kasih


Read All Post Here